http://seputarmediacomputer.blogspot.co.id/

Rabu, 30 September 2015

Belajar WordPress Self-Hosted Online (Fundamental)

Bagi yang ingin belajar membuat blog dengan domain sendiri bisa mencoba wordpress sebagai engine dari CMS anda. Untuk Hosting dan domain-nya sendiri bisa dipilih yang gratisan terlebih dahulu. Berikut tahapan-nya secara garis besar, untuk detailnya saya akan uraikan pada bagian2 terpisah hingga anda mudah memahami tahap demi tahap.
Syarat mutlak jika ingin belajar nyaman :
– Punya komputer sendiri (yang ada keyboard-nya)
– Ada koneksi internet ( di warnet juga boleh )
– Punya Flash Disk
– Punya email (sebaiknya pake gmail )
– Bisa ngetik, baca, nulis dan tidak buta warna.
– Punya persediaan rokok dan kopi
a.Regiter domain (yang gratisan aja dulu ya)
Dalam hal ini kita akan menggunakan domain .co.cc seperti punya saya sebelum beralih ke .com, anda bisa regitrasi disini. Cukup daftar dengan memasukan alamat email dan username. Setelah daftar anda bisa pilih register new domain kemudian masukan domain sesuai keinginan anda.
b.Pilih hosting (yang gratisan juga)
Selanjutnya kita meluncur ke rumahnya www.000webhost.com daftar disana dan pilih custom domain, masukan domain yang barusan anda daftarkan di .co.cc
c.Download wordpress (gratisan juga)
Sekarang kita meluncur ke www.wordpress.org download versi terakhir yang tersedia selanjutnya download dan extrak ke komputer lokal anda.

Belajar WordPress Self-Hosted Online (Fundamental)

d.Download FTP program (gratisan juga)
Kita akan membutuhkan program untuk men-tranfer file dari komputer lokal ke servernya webhost, saya sendiri mempercayakan pada fillezilla sebagai kendaran untuk menghantarkan file2 saya ke server hosting. Sebaiknya pilih yang portable agar bisa disimpan didalam flashdisk
e.Code Editor ( lagi2 gratisan )
Nantinya ada tiga bahasa yang akan kita gauli yaitu PHP, CSS, dan JavaScript oleh karena itu kita membutuhkan code editor bukan text editor. Saya sendiri mempercayakan masalah ini pada Notepad++. Dengan aplikasi ini mengedit code serasa mengedit puisi. Sebaiknya pilih yang portable agar bisa dibawa kemana2.
Saya masih bingung ? Gimana Belajarnya ?
Mau tau caranya agar bisa lebih cepat bisa ?

Tidak ada komentar :