http://seputarmediacomputer.blogspot.co.id/

Rabu, 30 September 2015

Install Nessus di Windows XP

Install Nessus di Windows XP

Dalam rangka mengurangi kebodohan dalam dunia security, kali ini kang nadoel yang merasa urang subang dan juga urang sunda ingin memperkenalkan sebuah tool untuk scanning network yaitu nessus.
Nessus adalah sebuah software scanning, yang dapat digunakan untuk mengaudit kemanan sebuah sistem, seperti vulnerability, misconfiguration, security patch yang belum diaplikasikan, default password, dan denial of service. Menurut saya ini merupakan sebuah keharusan bagi para network/server administrator disamping beberapa tool auditing lainnya seperti NMAP, Metasploit, dan lain sebagainya. Nessus sendiri memiliki arsitektur server-client, tujuannya adalah untuk menghemat resource dengan menggunakan sebuah server scanning untuk beberapa client sekaligus.
Install nessus di Windows XP cenderung sangat mudah. Yang harus kita lakukan hanyalah mendownload file executable nessus kemudian double klik, selanjutnya proses intalasi nessus di windows xp akan berjalan secara otomatis.
Setelah itu lakukan registrasi ke website Nessus. Form registrasi berada di http://www.nessus.org/register/. Caranya cukup mudah, yang kemudian intinya kita akan dikirimi sebuah kode registrasi ke email yang kita daptarkan pada form tersebut. Registrasi ini bertujuan agar kita bisa mendownload plugin-plugin baru dari Nessus. Nessus sendiri memiliki dua buah metode berlangganan untuk mendapatkan plugin-plugin ini. Metode pertama adalah dengan keanggotaan membayar (ProfessionalFeed). Dengan keanggotaan ini kita akan mendapatkan plugin-plugin fresh. Sedangkan keanggotaan free (HomeFeed), adalah keanggotaan gratis, yang akan mendapatkan plugin setelah 7 hari plugin diterbitkan untuk keanggotaan ProfessionalFeed.
Cara menggunakan Nessus di windows XP adalah melalui browser, silahkan buka browser kesayangan anda kemudian ketikan :
https://ip-server:8834
IP-server adalah ip dimana nessus diinstall sebagai server, 8834 adalah port yang digunakan oleh nessus. sedangkan protokolnya sendiri menggunakan https
Download Nessus

Tidak ada komentar :