http://seputarmediacomputer.blogspot.co.id/

Rabu, 30 September 2015

Tools Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Teknisi Jaringan Mikrotik

Tools Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Teknisi Jaringan Mikrotik

Tools Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Teknisi Jaringan Mikrotik

bagi seorang petani, cangkul dan parang merupakan senjata utama dalam menggarap sawah dan ladangnya, tanpa peralatan tersebut mustahil seorang petani bisa mengelola sawah dan ladangnya dengan baik dan tertata dengan rapih. Begitu juga bagi seorang teknisi jaringan komputer, tanpa peralatan yang memadai mustahil dapat mengelola jaringan dengan baik. Tools yang wajib dimiliki seorang teknisi jaringan ini dibagi kedalam dua kategori yaitu Hardware dan Software, keduanya memiliki arti penting dalam mengelola jaringan komputer. Adapaun Tools yang wajib dimiliki seorang teknisi jaringan adalah sebagai berikut :
A. HARDWARE
1. Krimping
=> Senjata ini wajib dibawa ketika sedang melakukan pekerjaan karena tanpa alat ini kita tidak bisa memasang konektor RG45 pada kabel UTP. Krimping adalah tang khusus untuk menjepit RG45 pada kabel UTP agar kabel merekat dengan baik pada pin yang ada di RG45.
2. Tang Potong/Gunting
=> Tang potong atau gunting digunakan untuk memotong ujung kabel yang akan dimasukan kedalam RG45 agar rata sehingga ketika di jepit oleh RG45 maka ujung kabel akan merekat dengan baik pada pinnya.
3. Obeng min dan plus (-/+)
=> Senjata lainnya yang wajib dimiliki adalah obeng, alat ini merupakan alat serbaguna bagi seorang teknisi jaringan karena bisa digunakan untuk apa saja, selain untuk membuka baut, obeng juka kadang-kadang menjadi dewa penolong ketika kita lupa membawa kunci rack server atau box panel. Tinggal congkel saja..
4. Kabel Serial To Ethernet RS232
=> Kabel ini berguna untuk melakukan isntall ulang routerboard yang bermasalah dengan cara bootong melalui serial port seperti RB433Ah maupun Rb450G.
5. Konektor RG45
=> Konektor ini sangat diperlukan karena berfungsi untuk menyambung dari kabel UTP ke port ethernet. Tanpa konektor RG45 mustahil dua perangkat yang berbeda bisa berkomunikasi.
6. Kabel UTP/STP
=> Kabel merupakan bagian yang penting dalam suatu sistem jaringan, walaupun saat ini jaringan nirkabel sudah mulai marak digunakan akan tetapi penggunaan kabel masih belum tergantikan terutama ketikan digunakan untuk melakukan konfigurasi suatu perangkat aktif seperti router, switch maupun server.
B. SOFTWARE
Aplikasi juga memliki peranan penting dalam melakukan konfgurasi jaringan dikarenakan tanpa aplikasi ini kita tentu akan sangat kesulitan dalam mengelola jaringan yang kita miliki. Aplikasi tersebut diantaranya :
1. Winbox
=>Aplikasi ini sangat penting dalam melakukan konfgurasi mikrotik. aplikasi ini juga sangat gampang digunakan karena kita tidak perlu mengerti berbagai macam command untuk bisa mengkonfigurasi sebuah router mikrotik, tinggal klik2 saja.
2. Netinstall
=>Tool ini wajib dimiliki karena berfungsi sebagai aplikasi untuk melakukan install Router OS Mikrotik baik untuk melakukan fresh install maupun install ulang router mikrotik yang bermasalah. Aplikasi netinstall dijalankan melalui kabel UTP maupun dengan Kabel serial (RS232).
3. iperf
=>Palikasi ini digunakan untuk melakukan pengukuran kapasitas bandwidth suatu jaringan secara end to end. hasil yang di dapat dari pengukuran ini merupakan bandwidth murni dari suatu pipa jaringan. Biasanya pengukuran ini diggunakan sebagai acuan kemampuan suatu jaringan sehingga nantinya bisa dilihat seberapa besar paket data yang bisa dilewati kedalam pipa tersebut.
4. Btest
=>Aplikasi ini adalah aplikasi propertiary dari mikrotik yang berfungsi untuk melakukan bandwidth test terhadap router mikrotik. Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mengirimkan paket data baik satu arah maupun dua arah kepada IP router baik berupa paket TCP maupun UDP.
5. Putty
=> Seorang teknisi jaringan wajib memiliki tool ini sebagai media untuk melakukan remote melalui SSh sehingga tidak terlalu membebani jaringan ketika sedang melakukan konfigurasi suatu router atau server. Semua perintah yang ada di New Terminal Mikrotik dapat dijalankan pada Putty.
Nah itu saja perlengkapan tempur seorang teknisi jaringan berdasarkan dari pengalaman pribadi yang saya hadapi selama ini, jika anda mempunyai peralatannya lainya atau mau menambahkan silahkan share disini agar teman-teman yang lain bisa mengetahui lebih banyak perlengkapan yang bisa di gunakan oleh seorang teknisi jaringan.
Tools diatas sifatnya tidak mutlak tergantung kondisi yang di hadapi dilapangan. Masih banyak tools pelengkap lainnya yang bisa digunakan sebagai tambahan perlengkapan tempur maupun sebagai alternatif lainnya. Semuanya disesuaikan dengan kondisi jaringan yang dihadapi

Tidak ada komentar :